Trip ke kuching sarawak dengan mobil pribadi

Udah lamaa gak nulis.. 😂
Kali ni harus semangat nulis lagi yah..
Maapkeun klo blog ini ilang datang..
Suka sibuk gak karuaan..hihi..😁😁

Oke kali ini banyak permintaan teman teman buat sharing ttg pengalaman pergi kekuching..malaysia..dengan menggunakan mobil.pribadi..😆
Maapkeun klo sy baru bisa sharing skrg..
Bbrapa temen suka wa langsung 
Tapi biar gak capek balas satu satu..
Saya share aja ya diblog saya..
Jadi blog ini bisa aktif kembali..

Pertama.kali bawa si blue masuk tahun lalu desember 2016.. Kami mencoba sendiri waktu itu.. Dan hingga kini setahun belangkangan blue makin sering masuk..karena keperluan pribadi..

Oke langkah pertama pastikan mobil anda kacanya gak pakai reben hitam ya..
Mau kadar brapa persen kek..mau 20% kek sy gak bisa jamin..intinya kaca samping dr kursi supir dan penumpang harus terang no reben..
Kemudian pastikan surat menyurat kendaraan mobil anda lengkap..
STNK..  Pajak udah dibayar.. Dan sim ya
Kemudian pasport..
Sebaiknya mobil adalah adalah milik pribadi ya.. Maksudnya pemilik mobil ikut dalam rombongan..jadi klo ditanya sama.pihak beacukai malaysia.. Bisa menjawab..
Karena sy pernah diajukan pertanyaan ini padahal mobil saya udah tiga kali sy bawa masuk ke negara tsb..😆

(Sy gk pernah nanyak dan gak tahu klo mungkin ada temen temen yg pernah dengar bisa bawa mobil org lain..masuk kedalam... Sy gak.menjamin ini ya.. Silahkan tanya ke org yg mungkin mmg pernah..)

Sampai.ke.perbatasan Entikong.. Ambil formulir borang ke bagian beacukai.. Isi ditempat.. Kemudian masuk.kedalam kantor  bagian kepolisian..kemudian ke perhubungan.. (Polisi dan perhubungan ruangannya sebelahan) selesai..kemudian cap pasport.. Keluar dan balik lagi antri dipos beacukai untuk ngembalikan formulir dan mendapat borang (stiker)..
Sampai tahap ini..gak ada biaya sama sekali ya.. Klo mau tukar ringgit disini aman seh..dan kadang kurs malah lebih murah..😜 sekedar tips.. Karena sy selalu tukar dientikong.. Klo untuk no digi.. Klo mau beli dengan calo ni gpp tapi pastikan minta mereka membuka plastik dan menunjukkan kartu chip nya.. ( klo saya sering beli kartu dan pulsa reloaded di toko guanghtai setelah lewat batas malaysia sebelah kiri.. Cuma.mesti antri yaa ramai..)

Tempel borang (stiker) anda dr beacukai malaysia dikaca depan..
Selesai di batas entikong.. Anda memasuki kawasan malaysia namanya Imigresen Tebedu..😋 parkir mobil diare parkir yg telah ditetapkan..didepan kantor jpj malaysia..
(Kan anda lurus ni dr indonesia..pelan pelan ikut aja arahan mobil..masuk ada bangunan tulisan toilet.. Seberangnya yg ramai petugas ada tulisan jpj..),

Lapor.. Setelah lapor mobil anda akan diperiksa kadar nya..klo.masih pakai reben ya.. Klo gak udah sip.. Gak diperiksa..
Setelah lapor.. Anda mengurus asuransi untuk mobil anda.. Nah kantor asuransi ni agak jauh.. Anda jalan kaki..keluar dr pagar.. Tempat para ben/angkor kumpul.. Nah toleh kanan..ada kantin kantin diatas agak menanjak.. (Agak ngos ngosan sedikit😢)

Kantor asuransi paling ujung kiri ada petugas nanti didepan..😊
Siapkan foto kopi SIM pengemudi...Pasport pengemudi.. Dan STNK mobil anda..
Petugas akan mencatat.. Kasi 5rm buat ptugas tsb.. Klo ditanya mau brapa lama masa asuransi nya seminggu atau sebulan jawab aja sebulan.. Karena bayarannya sama buat seminggu dan sebulan sebesar 74rm siapkan uang pas yaa.. Biar gak lama karena kadang antri..apalagi musim libur😄

Setelah selesai masuk kedalam.ruangan asuransi.. Petugas proses.. Kasi uangnyaa..
Done.. Di asuransi.. Pegang ya lembaran asuransi nya...
Turun lagi kebawah ke tempat jpj tadi.. Isi surat menyurat.. Selesai dr jpj.. Ke bagian beacukai malaysia.. (Budayakan membaca yaa haha.. Jadi gak banyak tanya.. Karena self service semua..)
Selesai beacukai.. Jangan lupa cap pasport.. Tempel borang di kaca depan mobil.. Oke done..siap travelling...😆😆
Jangan lupa aktifkan kartu nyaa.. Idupkan gps nyaa yaa..
.
.
.

Sampai disini.. Yaa tips and triknyaa
Buat cara mengemudi didalam.dan tata caranya.. Akan dibuat tulisan tersendiri.
Happy travelling.. 😆😆


Komentar

Postingan Populer